Hujan Asam



Hujan asam adalah salahsatu peristiwa yang diakibatkan oleh banyaknya pencemaran udara. Hujan asam sama seperti hujan biasa, namun yang berbeda adalah kadang keasaman (pH) airnya berbeda dengan hujan biasa. Kadar keasaman pada hujan asam biasanya dibawah 5,6, sedangkan pH normal hujan biasa di Indonesia berada pada sekitar 6. 

Berdasarkan hasil pemantauan pada tahun 2001-2003 didaerah Bandung, Jakarta, dan Serpong menunjukkan bahwa air hujannya mempunyai pH antara 4,3-5,6.

Hal yang harus didiskusikan:
1. Apa itu hujan asam?
2. Kenapa hujan asam hanya terjadi di beberapa daerah saja? Padahal daerahnya berdekatan?
3. Apakah ada kemungkinan daerah sekolah kita (Pondok Aren) akan merasakan hujan asam? Atau kah ternyata sudah terjadi hujan asam di daerah kita?

Ditunggu komentarnya. 

Adi Ilhami

32 komentar:

  1. Jawab

    1. SuntingPantau halaman iniBaca dalam bahasa lainHujan asamMasalah halaman
    Hujan asam diartikan sebagai segala macamhujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2)di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanahyang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

    2. Menurut saya mungkin karena jumlah pabrik, Gunung berapi, Kendaraan bermotor yang berbeda-beda. Misalnya di daerah A banyak sekali Gunung berapi, pabrik , dan kendaraan bermotor tetapi di daerah B tidak banyak gunung berapi yang aktif dan juga keberadaan pabrik masih jarang. Jadi yang lebih rentan terjadi hujan asam daerah A.

    *ini saya cari belom ketemu jawaban dari internetnya pak. Kl salah maapin ya pak :)

    3.
    Berdasarkan hasil pemantauan Kemenhut-LH, terlihat di beberapa titik pantauan antara lain, Bandung, Serpong (Tangerang Selatan), Jakarta, dan Maros sudah terindikasi terjadi deposisi asam. Kondisi ini juga ditandai adanya nilai rata-rata pH air hujan antara tahun 2001 hingga 2013 berkisar pada 4,3 - 5,6.

    http://medialingkungan.com/index.php/component/k2/beberapa-wilayah-indonesia-diduga-terindikasi-hujan-asam

    ~ramandha S.f

    BalasHapus
  2. Saya setuju. Hujan asam merupakan hujan yang memiliki tingkat pH dibawah normal, yakni dibawah 5,6. Secara umum, hujan yang turun di Indonesia memiliki pH normal sekitar 6. Asamnya hujan ini dikarenakan adanya kandungan karbondioksida atau CO₂ yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah. -------------------------------------------------------- Sedikit tambahan. Hujan asam ini mempunyai karakteristik yang membedakan dengan hujan lainnya, yaitu: •Memiliki pH dibawah kadar normal, yakni dibawah 5,7
    •Terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang ada di dalam polusi udara.
    •Awal terjadinya karena disebabkan oleh peningkatan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang ada di atmosfer
    •Menungkatkan seseorang terserang gangguan jantung dan juga paru- paru
    •Membuat kulit menjadi gatal- gatal dan memerah
    •Beresiko menyebabkan pusing bagi orang yang memiliki kekabalan tubuh yang rendah. --------------------------------------------------------Penyebab terjadinya hujan asam secara alami : • Karbon dioksida atau CO₂ dan karbon monoksida atau CO. Karbondioksida dan karbon monoksida ini merupakan suatu gas hasil proses pembakaran yang bertemu dengan uap air atau H₂O. kedua gas ini apabila bertemu akan membentuk asam karbonat atau H2CO3 yang termasuk ke dalam kategori asam lemah.
    • Hidrogen sulfida atau H2S, sukfur oksida atau SO2 yang bertemu dengan uap air atau H2O akan membentuk asam sulfat atau H2SO4 yang meurapakan kategori asam yang kuat. Penyebab terjadinya hujan asam karena aktivitas manuals atau fenomena alam : • Pembakaran BBF • Letusan gunung berapi • Kebakaran hutan • Peleburan logam • Aktivitas pabrik • Pembangkit listrik --------------------------------------------------------ilmugeografi.com --------------------------------------------------------~ Muhammad Fatih Ilmi

    BalasHapus
  3. ya, benar. jika ph di bawah batas normal yang berlebih, hujan asam semakin parah dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. gangguan hujan asam yang mengandung ph di bawah normal, dapat membuat ruang gerak masyarakat untuk melakukan aktivitas terganggu karena bencana yang disebabkan oleh hujan asam tersebut. sebagai masyarakat, kita harus menanggulangi atau mencegah terjadinya hujan asam dengan mengurangi pemakaian hal hal yang menyebabnya peningkatan karbondioksida atau zat lainnya yang memicu terjadinya hujan asam.

    BalasHapus
  4. 1. Hujan asam merupakan peristiwa alam yang begitu mengkhawatirkan bagi umat manusia. Bagaimana tidak? dampak dari hujan asam bisa merusak sarana prasarana dan infrastruktur dimuka bumi. Tidak hanya itu, hujan asam juga bisa mengancam kehidupan umat manusia dibumi ini.

    http://ipemanasanglobal.blogspot.com/2014/08/pengertian-penyebab-dampak-hujan-asam.html

    2.menurut saya mungkin karena ada beberapa daerah yg pabrik nya sedikit sehingga polusi udara yg dari pabrik tidak terlalu banyak.dan juga beberapa tempat ada yg sebagai tempat pembungan limbah jadi misalnya daerah A sebagai tempat pembuangan limbah sementara daerah B bukan tempat pembuangan limbah atau jarang jd walaupun daerah tersebut berdekatan namun, daerah A lah yg lebih langsung terkena dampaknya

    (menurut saya ya pakk ga saya search nich)

    3. mungkin ada kemungkinan kota kita terkena karna Pondok Aren makin kesini makin berkembang nya jaman sudah mulai ramai akan kendaraan walaupun hanya itu dan pepohonan di Kota kita masih lumayan banyak jadi kemungkinan kecil Pondok Aren tidak terkena Hujan Asam.


    -Nadia Awari P.

    BalasHapus
  5. Hujan asam adalah hujan yang kadar keasaman nya di bawah pH 6. Hujan asam terjadi karena belerang (sulfur)yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen udara yang beraksi degan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Hujan asam ini juga sangt bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.-wikipedia bahasa indonesia.

    selain bermanfaat, Hujan asam juga bisa berdampak buruk yaitu;
    1.beracun bagi makhluk hidup khususnya manusia karena akan berdampak bagi kesehatan.
    2.Hujan asam dapat memusnahkan makhluk hidup yang ada di air, penelitian menunjukan bahwa plankton tidak bisa bertahan hidup di air yang kadar keasamannya di bawah 5.
    3.Hujan asam dapat mengakibatkan kerusakan pada gedung-gedung karena berkarat.
    -pengertianku.net
    2. seperti yang sudah di komentari oleh mandha, bisa juga karena banyaknya jumlah pabrik,gunung berapi di daerah tersebut. sehingga hanya daerah tersebut yang terkena hujan asam. maka, kita harus menjaga bumi kita dengan menggunakan properti yang ramah lingkngan, mengurngi penggunaan kendaraan bermotor yang berlebih, sekali-kali lah, naik sepeda atau kalau tujuannya dekat bisa jalan kaki :D.
    3.ada kemungkinan bisa terjadi hujan asam karena banyaknya polusi udara dari asap kendaraan yang menyebabkan pencemaran. Apa lagi, di daerah pondok aren terkadang macet asap kendaraannya makin banyak dan polusi udaranya makin-makin deh pak...
    ( maaf pak klo salah, saya buntu ....).

    sekian pak, Terima Kasih.




    -Achae , Marsya Ananda R

    BalasHapus
  6. Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya mempunyai pH 5,6 sehingga dapat diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 berarti adalah hujan asam. pH hujan sudah berubah yang asalnya dari 6 menjadi ke 4 ini disebabkan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam





    Menurut saya mungkin karena jumlah pabrik, Gunung berapi, Kendaraan bermotor yang berbeda-beda. Misalnya di daerah A banyak sekali Gunung berapi, pabrik , dan kendaraan bermotor tetapi di daerah B tidak banyak gunung berapi yang aktif dan juga keberadaan pabrik masih jarang. Jadi yang lebih rentan terjadi hujan asam daerah A.





    JAKARTA] Potensi hujan asam di Indonesia sangat mungkin terjadi di wilayah urban dan industri yang berpolusi tinggi. hujan tersebut diperkirakan terjadi di awal musim hujan, karena partikel atau polutan yang melayang di udara turun bersama hujan.Menurut Prabowo hujan asam hanya terjadi di awal musim hujan. Wilayah Jakarta, Bandung memiliki kepadatan tinggi dan banyak aktivitas transportasi pembakaran bahan bakar minyak, sehingga potensi hujan asam di awal musim hujan sangat mungkin terjadi.Jakarta, Kototabang dan Maros terindikasi telah terjadi deposisi asam, di mana nilai rata-rata pH air hujan pada tahun 2001 - 2013 berkisar pada 4,3 - 5,6.

    -fauzan vito setiyo
    (Anak Ajaib)

    BalasHapus
  7. Hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar ph yang rendah .Hujan asam disebabkan oleh belerang sulfur yang merupakan pengotor fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida.

    Manfaat hujan asam adalah dapat melarutkan berbagai mineral yang mana hal ini sangat dibutuhkan oleh binatang dan tumbuhan.Penyebab terjadinya hujan asam adalah karbon dioksida,karbon monoksida,sulfur dioksida dan hidrogen dioksida.

    Dampak negatif dari hujan asam :
    1.Dapat merusak lilin yang ada pada daun tumbuhan. Lapisan lilin ini berguna untuk kelangsungan hidup tumbuhan.
    2.Hilangnya berbagai nutrisi tumbuhan.Jika nutrisi itu hilang maka akan menyebabkan tumbuhan akan mudah terserang virus,hama,serangga,jamur dan serta tidak tahan dengan dingin.
    3.Pertumbuhan jadi tersumbat.Tumbuhan jadi sulit bertumbuh.
    4.Menyebabkan manusia sakit seperti penyakit paru paru dan luka bakar.

    Ahmad Farrel R

    BalasHapus
  8. Hujan asam mempunyai pengertian sebagai segala bentuk hujan yang memiliki tingkat keasaman atau PH dibawah normal yakni dibawah 5,6. Secara umum, Hujan yang turun di indonesia memiliki PH normal sekitar 6. Asamnya hujan ini dikarenakan adanya kandungan karbondioksida yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.

    Menurut saya, Jumlah pabrik, Jumlah kendaraan bermotor, dll. Memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda. Contoh : Di kota INI, jumlah pabrik dan jumlah kendaraan bermotor masih jarang di kota INI, Sedangkan di kota ITU, jumlah pabrik dan kendaraan bermotor sangat banyak sekali, yang lebih sering terkena hujan asam adalah kota ITU. Salah satu cara mengatasinya adalah : Mengurangi jumlah kendaraan bermotor, Memperbanyak pohon-pohon atau taman dan lebih sering menggunakan sepeda atau jalan kaki.

    Berdasarkan pengamatan, terlihat bahwa di titik pengamatan deposisi asam di Bandung, Serpong (Tangerang Selatan), Jakarta, Kototabang dan Maros terindikasi telah terjadi deposisi asam, dimana nilai rata-rata PH air hujan pada tahun 2001-2013 berkisar pada 4,3-5,6 Bisa dibilang daerah Tangerang Selatan, Pondok Aren sudah terkena hujan asam. Daerah pondok aren bisa terkena hujan asam disebakan oleh kendaraan bermotor yang sangat banyak, kalau bisa dikurangi penggunaan kendaraan bermotornya.

    Artikel didapat dari : Https://id.Wikipedia.Org/wiki/Hujan_asam
    Ilmugeografi.com
    WWW.Menhl.go.id

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Pramudita Rifqi Daniswara

    BalasHapus
  9. 1. Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.

    Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam



    2. Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan ke tanah.

    Hujan asam karena proses industri telah menjadi masalah yang penting di Republik Rakyat Tiongkok, Eropa Barat, Rusia dan daerah-daerah di arahan anginnya. Hujan asam dari pembangkit tenaga listrik di Amerika Serikat bagian Barat telah merusak hutan-hutan di New York dan New England. Pembangkit tenaga listrik ini umumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya.

    Jadi, tergantung dari faktor lingkungannya, jika daerah tsb ternyata terdapat tempat industri dan banyak polusi, maka memungkinkan ada nya hujan asam, sebaliknya, jika daerah tsb tidak banyak terdapat tempat2 industri, tempat tersebut tidak akan ada hujan asam

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam



    3. Tentu saja ada kemungkinan daerah kita akan merasakan hujan asam, krn di dekat sekolah sudah ada pabrik" dan kendaraan bermotor maupun mobil, sehingga menimbulkan pencemaran udara, kemudian gas" tsb akan naik terbawa angin hingga menuju lapisan atmosfer yg dapat mengubah gas tsb menjadi asam.



    ーーーーーAlghumaisya Zahran Salsabilaーーーーー

    BalasHapus
  10. 1.Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam&ved=0ahUKEwjWoafrm-_TAhVENY8KHYOJAfIQFggnMAI&usg=AFQjCNFRXGCQZ5nHVMjMYHrhrGiKWg8nXA&sig2=wuAu9AD9CBizjJW-U7cmdA

    2. Hujan asam disebabkan oleh terbentuknya asam di udara akibat bertemunya uap air dengan gas gas pembentuk asam. Biasanya terjadi karena pencemaran udara di sekitar pabrik, jadi hujan asam terjadi di daerah yang sangat banyak pencemaran udaranya, makanya terjadinya hujan asam tidak di semua daerah. (Ini campuran dr google, sama tambahan pendapat saya :3)

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=/amp/s/hajisanjaya.wordpress.com/2012/05/28/a-penyebab-terjadinya-hujan-asam/amp/&ved=0ahUKEwiLkcbPnO_TAhUKMI8KHcbjB_8QFggmMAE&usg=AFQjCNGFXRhann_YBjXufYHL2n1D_9WdRw&sig2=f7dZlhzmANplKVh5x95mCw

    3. Kemungkinan akan terjadi hujan asam di daerah pondok aren, karena di daerah pondok aren ini banyak pencemaran udara, banyak orang menggunakan motor dan juga mobil. setahu saya di daerah pondok aren belum pernah terjadi hujan asam, yang saya tahu sering hujan asam itu bandung, hehe :3


    Azizah azzahra (aya)

    BalasHapus
  11. 1.hujan asam adalah hujan yg kadar pHnya dibawah rata-rata,biasanya pHnya dibawah 6.

    2.mungkin karena daerahnya banyak polusi udaranya,contoh kota A polusi udaranya lebih tinggi dibandingkan kota B

    3.bisa saja daerah kita terkena hujan asam,karena daerah kita sudah banyak polusi udaranya dan mulai jarang pepohonan,saya selalu berharap ada orang yg terbuka pintu hatinya untuk menjaga pepohonan agar pulosi udara semakin berkurang dan hujan asam semakin menjauh dari daerah kita

    Zaky fikri

    BalasHapus
  12. 1. Hujan asam adalah segala macam hujan dengan PH dibawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam, kerna karbondioksida diudara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah wikipedia.com
    2. Mungkin, didaerah tersebut terda[at banyak pabrik dan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap yang tidak baik dan dapat menyebabkan polusi udara yang berlebihan. Namun berbeda di daerah lainnya yang berdekatan. Daerah tersebut mempunyai udara yang sejuk dan jarang terdapat pabrik-pabrik dan kendaraan yang mengeluarkan polusi belebihan seperti halnya jakarta dan bandung.
    3. Mungkin didaerah kita akan terjadi hujan asam atau mungkin sudah terjadi, karena banyak faktor yang mendukung seperti pabrik yang mengeluarkan limbah dan asap berlebihan, banyak warga yang memakai kendaraan yang tidak bersahabat dengan lingkungan seperti truk besar dan motor yang berbahan bakar yang tidak baik.
    Sekian dan terima kasih~

    S.A.Viola Artsita Basuki

    BalasHapus
  13. Hujan asam

    hujan asam adalah hujan yang memiliki tingkat keasaman atau pH di bawah normal,yaitu dibawah 5,6.secara umum hujan di Indonesia memiliki pH normal sekitar 6.Asamnya hujan ini mempunyai kandungan karbondioksida atau disebut juga CO2 yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

    ciri-ciri Hujan asam:
    *memiliki pH dibawah normal (5,7)
    *membuat kulit menjadi gatal-gatal dan memerah
    *membuat orang menjadi pusing bagi yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah
    *meningkatkan oran orang yg terserang gangguan jantung dan paru paru
    *dan lain lain

    Penyebab terjadinya Hujan asam:
    CO2 atau karbon dioksida dan CO atau karbon monoksida adalah gas yg berasal dari polusi dan pembakaran hutan secara berlebihan.ketika CO2 dan CO bertemu dengan uap air atau H2O mereka akan bersatu dan membuat H2OCO3(yang termasuk katagori asam lemah)

    sifat sifat dari hujan asam yaitu dapat membuat penumbuhan tanaman menjadi lambat,hujan asam biasanya terjadi di lokasi yg jauh dari sumber hujan itu sendiri,dll.

    positif:
    *hujan asam mampu melarutkan berbagai mineral yg sangat di butuh oleh binatang dan juga tumbuhan di bumi

    dampak negatif:
    *membuat besi menjadi mudah berkarat
    *merusak lapisan lilin yang ada di daun tumbuhan
    *jumlah ikan di laut mengalami penurunan
    *membuat berbagai penyakit ke manusia


    wass.wr.wb

    BRANDON JAVIER ASYAM .S
    7-DELPHINUS

    BalasHapus
  14. 1. Hujan Asam adalah segala macam hujan yg memiliki pH dibawah 5.6 dan memiliki sifat asam karena CO2 di udara yg larut
    dengan hujan memiliki bentuk sbg asam lemah. Dan hujan asam disebabkan oleh sulfur

    2.hujan asam hanya terjadi di daerah sekitar yg memiliki keadaan kotor atau memiliki banyak zat zat yg menghasilkan hujan asam.


    3.sepertimya tidak karena di sini tidak terlalu banyak tempat yg menghasilkan zat zat hujan asam. Akan tetapi semua warga harus tetap menjaga lingkungan sekitar.

    ●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

    -Dzaky Dzikra (Jajin)

    BalasHapus
  15. 1.Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

    2.Menurut saya,didaerah tersebut terjadi polusi yang berlebihan seperti asap kendaraan,asap pabrik,dll.Sedangkan daerah didekatnya tidak terkena hujan asam,mungkin karena daerah tersebut memiliki udara yang lebih baik.

    3.Mungkin saja,karena daerah kita terdapat polusi yang berlebihan seperti asap kendaraan,asap pabrik,dan limbah pabrik.Sehingga menyebabkan dampak yang tidak baik bagi lingkungan didaerah kita.

    Saya Naufal ,Wassalamualaikum wr.wb

    NAUFAL FADHLAN
    7-DELPHINUS

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. 1.jika asam sulfat dan sulfit turun kebumi secara bersama-sama maka akan terjadi hujan asam,disebut hujan asam karena air hujan mempunyai pH dibawah 5,6
    2.Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.
    Hujan asam karena proses industri telah menjadi masalah yang penting di Republik Rakyat Tiongkok, Eropa Barat, Rusia dan daerah-daerah di arahan anginnya. Hujan asam dari pembangkit tenaga listrik di Amerika Serikat bagian Barat telah merusak hutan-hutan di New York dan New England. Pembangkit tenaga listrik ini umumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya.
    3.kemungkinan saja didaerah kita terkena hujan dikarenakan sudah ajarannya sekali pepohonan dan setiap hari polusi udara meningkat(asap kendaraan motor/mobil).

    Luvi Asyiva R.
    -7 delphinus🐬

    BalasHapus
  18. *ajaranya=jarangnya
    PS:maaf Pak Typo

    BalasHapus
  19. Paramita SyifaJulia Alam26 Mei 2017 pukul 07.39

    1.Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.
    Hujan asam - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam
    Masukan
    2.karena apabila awan telah terbentuk, terdapat titik-titik air dalam awan yang akan menjadi semakin besar dan awan itu akan menjadi semakin berat, dan perlahan-lahan daya tarik bumi menariknya ke bawah. Hingga sampai satu titik dimana titik-titik air itu akan terus jatuh ke bawah dan turunlah hujan.

    Jika titik-titik air tersebut bertemu udara panas, titik-titik itu akan menguap dan awan menghilang. Inilah yang menyebabkan itu awan selalu berubah-ubah bentuknya. Air yang terkandung di dalam awan silih berganti menguap dan mencair. Inilah juga yang menyebabkan kadang-kadang ada awan yang tidak membawa hujan.

    3.Menurut saya kemungkinana saja terjadi hujan asam di daerah kita karena sudah ada pabrik di daerah kita yg menyebabkan adanya limbah pabrik dan penyebab lainnya kendaraaan bermotor maupun kendaraan bermobil yang menyebabkan penyemaran udara (polusi) ,dan polusi trsbt terbawa oleh angin ke lapisan atmosfer yang menyebabkan terjadinya hujan asam


    ----------PARAMITA SYIFA JULIA ALAM----------
    VII Delphinus

    BalasHapus
  20. 1. Apa itu hujan asam ?
    Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6.
    Hujan asam dengan pH dibawah 5,6 dapat membahayakan lingkungan hidup dan manusia. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil bereaksi membentuk sulfur dioksida dan nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan dan akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.
    Berbahaya bagi kehidupan ikan  pH di bawah 4,5 tidak memungkinkan bagi ikan untuk hidup asam di dalam air akan menghambat produksi enzim dari larva ikan untuk keluar dari telurnya. Asam juga mengikat logam beracun seperi alumunium di danau. Alumunium akan menyebabkan beberapa ikan mengeluarkan lendir berlebihan di sekitar insangnya sehingga ikan sulit bernafas. Pertumbuhan Phytoplankton yang menjadi sumber makanan ikan juga dihambat oleh tingginya kadar pH.
    Berbahaya bagi tanaman  Tanaman dipengaruhi oleh hujan asam dalam berbagai macam cara. Lapisan lilin pada daun rusak sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin, jamur dan serangga. Pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil, dan mineral-mineral penting menjadi hilang.
    Berbahaya bagi manusia  Ion-ion beracun yang terlepas akibat hujan asam menjadi ancaman yang besar bagi manusia. Tembaga di air berdampak pada timbulnya wabah diare pada anak dan air tercemar alumunium dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.
    Hujan asam bisa terjadi secara alami maupun oleh perbuatan ulah manusia
    • Penyebab alami:disebabkan oleh semburan dari sebuah gunung berapi,serta proses biologis yang bisa terjadi di tanah rawa atau lautan. Hujan asam secara alami cukup jarang terjadi.
    • Penyebab manusia:disebabkan oleh aktivitas manusia seperti aktivitas industri. Industri yang cukup sering memberikan dampak hujan asam diantaranya adalah industri kendaraan bermotor, industri pembangkit listrik, industri pertanian (amonia).

    2. Kenapa Hujan asam hanya terjadi di beberapa daerah saja? Padahal daerahnya berdekatan ?
    Hujan asam ini biasanya terjadi di daerah yang lokasinya jauh dari sumber atau penyebab terjadinya hujan itu sendiri. Di wilayah Bumi, yang paling banyak mengalami hujan asam adalah di daerah gunung atau pegunungan. Hal ini karena daerah pegunungan mempunyai curah hujan yang lebih tinggi daripada daerah atau kawasan yang ada di sekitarnya.
    3. Apakah ada kemungkinan daerah sekolah kita (Pondok Aren) akan merasakan hujan asam? Ataukah ternyata sudah terjadi hujan asam di daerah kita?
    Berdasarkan hasil pemantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terlihat di beberapa titik pemantauan, deposisi asam di Bandung, Serpong (Tangerang Selatan), Jakarta, Kototabang, dan Maros sudah terindikasi terjadi deposisi asam. Kondisi ini juga ditandai adanya nilai rata-rata pH air hujan antara tahun 2001 - 2013 berkisar pada 4,3-5,6. Berdasarkan informasi tersebut pondok aren ada kemungkinan merasakan hujan asam karena termasuk wilayah tangerang selatan dan sudah terjadi hujan asam hanya dampaknya tidak terlalu buruk karena masih bisa di toleransi oleh lingkungan.
    sumber:
    https://adukasekten.wordpress.com/2010/04/14/pengertian-hujan-asam/
    http://ilmugeografi.com/fenomena-alam/hujan-asam
    http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/27/324412/hujan-asam-terindikasi-terjadi-di-beberapa-wilayah

    >>>> Fathir Ridho S <<<<<

    BalasHapus
  21. saya setuju, karena ..........................................................................................................................................

    (link: jkskjskjadljdka)

    Aqillah

    BalasHapus
  22. hujan asam adalah segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.

    Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.

    Hujan asam terjadi di beberapa daerah yang walupun berdekatan karena terjadi akibat adanya deposisi asam.
    Deposisi asam adalah terdeposisinya asam-asam yang ada di atmosfer baik dalam bentuk gas maupun cairan ke tanah, sungai, hutan dan tempat lainnya melalui tetes air hujan, kabut, embun, salju dan aerosol yang jatuh bersama angin.

    Hujan asam juga bisa terjadi di daerah sekolah amalina jika polusi meningkat sehingga terbentuk hujan asam.

    link: http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/27/324412/hujan-asam-terindikasi-terjadi-di-beberapa-wilayah

    https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

    nama: Muhammad qashmal taqi

    ( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)( ͡° ͜ʖ ͡°)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang ini artikelnya, tapi yang judulnya limbah popok bayi. ini liknya https://biologiaja.blogspot.co.id/2018/04/1718-limbah-popok-bayi-picu-kematian.html

      Hapus
  23. 1.A. Apa itu hujan asam?

    Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya mempunyai pH 5,6 sehingga dapat diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 berarti adalah hujan asam. Penelitian baru-baru ini menunjukan pH hujan sudah berubah yang asalnya dari 6 menjadi ke 4 ini disebabkan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam. Gas yang menyebabkan hujan asam ini biasanya dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, kalau letusan gunung berapi itu penyebabnya mungkin wajar-wajar saja karena reaksi dari alam, tapi penyebab yang paling parah adalah ulah manusia misalnya seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.

    Terjadinya hujan asam tentunya ada penyebabnya, seperti penjelasan tadi bahwa penyebab hujan asam diantaranya seperti bencana alam salah satunya letusan gunung berapi dan paling besar ulah manusia misalnya seperti asap industri dan asap kendaraan bermotor. Untuk itu dibutuhkan kesadaran semua orang untuk dapat mencegah dan menanggulangi hujan asam ini, jadi gunakanlah peralatan atau mesin yang ramah lingkungan, gunakanlah kendaraan bermotor seperlunya dan lain-lain, jadi intinya cintailah lingkungan kita

    2.menurut saya yang dibantu wikipedia adalah karena Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.

    Hujan asam karena proses industri telah menjadi masalah yang penting di Republik Rakyat Tiongkok, Eropa Barat, Rusia dan daerah-daerah di arahan anginnya. Hujan asam dari pembangkit tenaga listrik di Amerika Serikat bagian Barat telah merusak hutan-hutan di New York dan New England. Pembangkit tenaga listrik ini umumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya.

    3.merutu saya bisa saja karena makin hari makin banyak orang yang menggunakan zat zat yg memicu hujan asam oleh karena itu kita semua harus menjaga lingkungan kita agar terhindar dari hujan asam


    link:http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-hujan-asam-dan-dampaknya-yang-ditibulkan.html

    link:https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

    nama:Muhammad Rafi Soegondo

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang ini artikelnya, tapi yang judulnya limbah popok bayi. ini liknya https://biologiaja.blogspot.co.id/2018/04/1718-limbah-popok-bayi-picu-kematian.html

      Hapus
  24. 1.hujan asam adalah hujan yang terjadi karena pencemaran udara. Yang mengakibatkan asap kendaraan,pembakaran sampah, dll.


    2.hujan asam hanya terjadi di daerah yang kotor dan banyak asap kendaraan.


    3.mungkin di pondok aren belum pernah terjadi hujan asam karena masih banyak pepohonan. Tetapi kita juga harus menjaga agar tidak terjadi hujan asam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang ini artikelnya, tapi yang judulnya limbah popok bayi. ini liknya https://biologiaja.blogspot.co.id/2018/04/1718-limbah-popok-bayi-picu-kematian.html

      Hapus
  25. 1.Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya mempunyai pH 5,6 sehingga dapat diartikan bahwa jika hujan yg memiliki pH dibawah 5,6 berarti hujan asam.penelitian baru baru ini menunjukan pH hujan sudah berubah yang asalnya 6 menjadi 4 ini disebabkan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam. Gas yang menyebabkan hujan asam ini biasanya dihasilkan oleh bencana alam seperti gunung berapi,kalau letusan gunung berapi penyebabmya munkin wajar wajar saja karena reaksi dari alam,tapi penyebab yang paling parah adalah ulah manusia seperti asap kendaraan bermotor,pabrik,dan lain lain.

    Link:http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-hujan-asam-dan-dampaknya-yang-ditibulkan.html

    2.karena hujan asam hanya terjadi di daerah yg banyak asap kendaraan bermotor dan dari industi.

    3.Menurut saya di pondok aren belum pernah terjadi hujan asam. Tapi semakin kedepan akan banyak orang yang memakai kendaraan bermotor dan akan banyak pabrik yang akan di buat.Jadi kita harus jaga lingkungan

    Nama:Dzavy Fikra Prawenno

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang ini artikelnya, tapi yang judulnya limbah popok bayi. ini liknya https://biologiaja.blogspot.co.id/2018/04/1718-limbah-popok-bayi-picu-kematian.html

      Hapus
  26. 1. Hujan asam merupakan hujan yang memiliki kadar keasaman yang rendah. keasaman hujan
    normalnya memiliki pH 5,6 sehingga dapat diartikan hujan yang memiliki pH dibawah 5,6
    berarti hujan asam.

    2. Hujan asam hanya terjadi di beberapa daerah karena adanya deposisi asam. Deposisi asam
    adalah terdeposisinya asam-asam yang ada di atmosfer baik dalam bentuk gas maupun
    cairan ke tanah, sungai, hutan dan tempat lainnya melalui tetes air hujan, kabut,
    embun, salju dan aerosol yang jatuh bersama angin.

    3. Menurut saya di Pondok Aren belum pernah terjadi hujan asam tetapi mungkin saja akan
    terjadi. Karena di masa yang akan datang kendaraan bermotor akan semakin banyak. Jadi,
    kita harus semakin peduli akan kondisi bumi kita sebelum terjadi sesuatu yang kita
    tidak inginkan.

    Link:-http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-hujan-asam-dan-
    dampaknya-yang-ditibulkan.html

    -http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/27/324412/hujan-asam-terindikasi-
    terjadi-di-beberapa-wilayah

    Nama: Lutfi Hasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang ini artikelnya, tapi yang judulnya limbah popok bayi. ini liknya https://biologiaja.blogspot.co.id/2018/04/1718-limbah-popok-bayi-picu-kematian.html

      Hapus