Vitiligo

Gambar di ambil dari www.medicalnewstoday.com

         Vitiligo merupakan kondisi dimana sel yang memproduksi warna kulit tidak berfungsi dengan baik. Biasanya hal ini di serang oleh sistem imun sendiri yang akhirnya menyebabkan bercak putih pada kulit si penderita.


Hal yang didiskusikan:
1. Sebenarnya, Vitiligo ini penyakit apa? dan bagaimana bisa seseorang terjangkit penyakit ini!
2. Apakah penyakit ini menular? Jika ia, bagaimana cara penularannya?
3. Apakah semua orang bisa mempunyai penyakit ini? atau ini adalah penyakit keturunan?
4. Bagaimana cara penyembuhan penyakit ini?

Adi Ilhami

23 komentar:

  1. 1. Sebuah penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dalam bentuk bercak.Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://doktersehat.com/vitiligo/&ved=0ahUKEwiLoo_a9dHaAhUGQo8KHQ2_AmsQFggwMAI&usg=AOvVaw0oJfFnDabMQ_rznyufLAc7

    2. Kelainan ini berkaitan dengan Melanin. Pada penderita vitiligo, melanosit tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan melanin sehingga melanin tidak ditemukan dalam kulit.sakit vitiligo ini sama sekali bukanlah penyakit yang menular karena merupakan suatu kelainan yang terjadi pada tubuh manusia.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.youtube.com/watch%3Fv%3DpkG49aimo-M&ved=0ahUKEwiPuPn-9dHaAhXFQ48KHfPBCxYQFggxMAI&usg=AOvVaw02QxJ33OVcaqN7OiYI0Hx9

    3.Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam. vitiligo termasuk penyakit yang bisa disebabkan oleh keturunan, karena pigmen kulit keturunan oleh keluarganya.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.alodokter.com/vitiligo&ved=2ahUKEwjttJvL9tHaAhWKLY8KHX3_AB8QFjAAegQICBAB&usg=AOvVaw3iCGhsp0Rze5V_2b81p_db

    4. Obat oles, analog vitamin B, terapi cahaya, terapi laser, operasi cangkok kulit, dan cara medis lainnya

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.alodokter.com/vitiligo&ved=2ahUKEwjm3tHV99HaAhUHKo8KHdVlCTYQFjAAegQIBxAB&usg=AOvVaw3iCGhsp0Rze5V_2b81p_db

    -Azizah Azzahra (8 Auriga)

    BalasHapus
  2. 1. Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid. Penyebabnya tidak diketahui. Vitiligo adalah hasil dari hilangnya sel di kulit yang disebut melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen penentu warna rambut.
    2. Vitiligo bukan kanker dan tidak menular. Hal ini bisa didapat dari keluarga.
    3. genetik: vitiligo bisa didapat dari keluarga; orang dengan riwayat keluarga vitiligo, atau jika uban muncul dini sering berisiko lebih tinggi vitiligo
    faktor risiko penyakit autoimun, seperti tiroiditis Hashimoto autoimun.
    4. Vitiligo ringan tidak membutuhkan terapi. Orang dengan area vitiligo kecil dapat terlihat normal dengan kosmetik. Orang berkulit putih dapat mengatasinya dengan menghindari berjemur, atau dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dan menghindari cahaya matahari langsung.
    Untuk area vitiligo yang sangat kecil, krim steroid diberikan ke kulit dapat membantu memperbaikinya. Hasil terbaik didapatkan 3-4 bulan. Krim steroid jangan dioleskan pada kelopak mata, ketiak, atau area lipat paha.
    Terapi sinar khusus, atau PUVA, terdiri dari pengolesan solutio obat bernama psoralen, diikuti dengan sinar ultraviolet. Psoralen dapat juga dalam bentuk pil. Terapi ini terbaik untuk wajah, leher, batang tubuh, lengan atas, dan kaki atas. Hasil dapat muncul setelah 25-50kali terapi tergantung area yang terlibat. Efek samping utama yaitu luka bakar seperti sengatan matahari yang cukup parah dan melepuh.


    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/amp/

    -allena aprian adara, 8auriga-

    BalasHapus
  3. 1. Vitiligo merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit. Hal ini menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit di berbagai area tubuh. Bisa juga menyerang rambut, bagian dalam mulut bahkan mata.Vitiligo terjadi ketika sel yang memproduksi zat warna kulit berhenti atau mati. Zat tersebut seharusnya berfungsi untuk memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Penyebab sel tersebut mati belum diketahui secara pasti. Namun, diduga berkaitan dengan hal-hal berikut ini:
    Faktor genetik
    Pemicu lainnya seperti stres, paparan sinar matahari, atau paparan kimia industri
    Penyakit autoimun, yakni ketika sistem kekebalan tubuh menyerang melanosit di kulit.

    https://www.klikdokter.com/penyakit/vitiligo

    2. bahwa vitiligo tidak menular. Pasalnya, vitiligo bukan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, tetapi oleh sebuah keadaan dari dalam diri sendiri. Berdekatan, berbincang-bincang atau bersentuhan dengan penderita vitiligo sekalipun tidak akan tertular.
    Sayangnya, karena keminiman informasi, orang cenderung menjauh dari penderita vitiligo, karena takut tertular. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Kasihan, karena si penderita sudah tersiksa memikirkan kondisi dirinya. Dengan menjauhinya, berarti hanya akan menekan batinnya. Celakanya, jika penyebab vitiligo itu ternyata faktor stres, maka sikap menjauhinya hanya akan menambah stres dan mempercepat penyebaran vitiligo ke bagian-bagian tubuh lainnya. Karena itu, jika ada tetangga, teman atau saudara menderita vitiligo, bersikaplah biasa saja.

    https://www.kompasiana.com/rudywiryadi12/vitiligo-bukan-penyakit-menular_5969774f45539303df104fc2

    3. Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    4. Melindungi kulit dari luka
    Bagi anda yang saat ini tengah menderita kondisi satu ini, salah satu hal yang harus anda ingat adalah berusaha untuk melindungi kulit dari luka. Karena bila tidak dilakukan bahkan kulit menjadi terluka kemungkinan akan menambah mengalami pendarahan dan meningkatkan terkena vitiligo lainnya pada bagian yang luka tersebut.

    Lada hitam
    Tak hanya dijadikan penyedap makanan, beberapa penelitian terbaru menunjukan bahwa lada hitam juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan vitiligo. Adapun kandungan yang membuat lada hitam terasa pedas dan gurih yang bisa merangsang pigmentasi kulit.

    Tanah liat merah
    Tahukah anda, tanah liat merah ternyata bisa memproduksi melanin pada kulit yang baik untuk mengobati vitiligo. Cara menggunakannya pun cukup mudah, campurkan beberapa sendok makan tanah liat merah dengan ekstrak jahe lalu aduk hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pasta tersebut pada bagian tubuh yang terkena vitiligo.

    Pengobatan ultraviolet A (PUVA)
    Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah terapi penggabungan psoralen dan terapi ultraviolet A (PUVA) untuk mengembalikan warna kulit. Nah, pada terapi ini dokter menyesuaikan dosis cahaya hingga ke daerah kulit yang dirawat menjadi merah muda. Pengobatan biasanya diberikan dua atau tiga kali dalam seminggu dengan jeda satu hari dan memerlukan waktu hingga satu tahun untuk melihat hasilnya. Perlu anda ketahui juga, terapi ini tidak bisa dilakukan pada anak-anak karena bisa menimbulkan risiko katarak pada mata.

    http://www.beritasehatku.com/cara-menyembuhkan-vitiligo-dengan-cepat/

    - Bintang Adli Maulana {8 Auriga}

    BalasHapus
  4. 1.Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

    Warna kulit seseorang ditentukan oleh sebuah pigmen yang disebut dengan melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit yang disebut dengan melanosit. Pada kasus vertigo, jumlah melanosit tidak memadai untuk menghasilkan melanin pada kulit, sehingga akan terbentuk bercak berwarna putih di area kulit ataupun rambut.

    Hingga saat ini, penyebab kurangnya melanosit masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar menduga kondisi ini dipicu oleh sejumlah seperti:

    Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
    Riwayat keluarga (keturunan).
    Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.
    Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

    2.Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.
    https://www.alodokter.com/vitiligo

    3.Meskipun semua bagian tubuh Anda dapat dipengaruhi oleh vitiligo, namun, biasanya, vitiligo akan terjadi pada daerah yang terpapar sinar matahari terlebih dahulu, seperti tangan, kaki, lengan, wajah, dan bibir. Alat vital mungkin juga dapat terpengaruh oleh penyakit ini. Vitiligo tidak mengenal ras, semua orang dapat mengalaminya. Namun, seringkali vitiligo baru dialami ketika Anda berusia 10 hingga 30 tahun.
    http://infopenyakit17.blogspot.co.id/2015/05/vitiligo-merupakan-penyakit-tidak-menular.html

    4.
    -Tidak menghuni rumah yang baru di dekorasi
    -Tidak berolahraga di tempat yang dipenuhi asap
    -Mengkonsumsi makanan yang sehat
    -Diet sehat dan seimbang dengan nutrisi
    -Memberikan perlindungan kulit secara maksimal
    -Memanfaatkan krim kamuflase kulit
    -Memberikan obat tradisional kunyit
    -Menggunakan daun kemangi

    https://dokterspkk.com/cara-mencegah-vitiligo

    -Dimas Raihan Al-Ghifari, 8 Auriga-

    BalasHapus
  5. 1)Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.
    -KINANTI ACHMAD-
    -8 AURIGA-
    Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
    Riwayat keluarga (keturunan).
    Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.
    Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.
    https://www.alodokter.com/vitiligo
    2)Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.
    https://www.alodokter.com/vitiligo
    3)Vitiligo terjadi pada orang dari semua kelompok ras dan etnik. Penyakit ini akan lebih jelas terlihat pada orang berkulit gelap. Vitiligo dapat terjadi pada semua usia, namun setengah dari kasus terjadi pada orang kurang dari 20 tahun.
    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/
    4)-Obat oles
    Beberapa jenis obat oles yang digunakan untuk menangani vitiligo adalah kortikosteroid, pimecrolimus atau tacrolimus, dan losion depigmentasi.
    -Analog vitamin D
    Penderita vitiligo akan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung karena berdampak buruk terhadap kulit. Padahal, vitamin D merupakan salah satu sumber penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, sebagian besar penderita vitiligo membutuhkan suplemen vitamin D guna memastikan kecukupan vitamin D di tubuh. Penggunaan obat ini dapat dikombinasikan dengan kortikosteroid atau fototerapi.
    -Terapi cahaya (fototerapi)
    Langkah medis ini akan dipilih jika bercak-bercak vitiligo pengidap sudah menyebar luas dan tidak bisa ditangani dengan obat oles. Terapi ini menggunakan cahaya ultraviolet A (UVA) atau B (UVB) untuk mengembalikan warna kulit yang terserang vitiligo. Paparan UVA yang berlebihan berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit sementara paparan UVB akan menurunkannya.
    -Terapi laser
    Sama seperti fototerapi, prosedur ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada bercak-bercak vitiligo. Namun terapi laser hanya efektif untuk vitiligo yang menyerang sebagian kecil kulit tubuh.
    -Operasi cangkok kulit
    Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang tidak mengalami vitiligo akan diambil dan digunakan untuk melapisi kulit yang memiliki bercak-bercak vitiligo. Operasi ini dapat dilakukan apabila bercak-bercak vitiligo hanya menyerang sebagian kecil tubuh dan tidak mengalami perkembangan.
    Komplikasi Vitiligo

    BalasHapus
  6. 1) Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.

    Penyebabnya tidak diketahui. Vitiligo adalah hasil dari hilangnya sel di kulit yang disebut melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen penentu warna rambut. Vitiligo bukan kanker dan tidak menular. Hal ini bisa didapat dari keluarga.

    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/

    2)Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    3)Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, terdapat faktor genetik (keturunan) yang dapat menyebabkan vitiligo. Sekitar 1 dari 5 penderita vitiligo memiliki keluarga yang juga sama menderita penyakit vitiligo. Namun disamping itu, ada beberapa faktor yang juga ditenggarai menjadi pemicu dari terjadinya vitiligo.

    http://caramenghilangkanbercakputih.com/apa-benar-vitiligo-merupakan-penyakit-turunan/

    4)Sinar matahari dapat menjadi masalah tersendiri bagi penderita vitiligo. Ketika terpapar sinar matahari, kulit akan menghasilkan melanin untuk melindungi kulit terhadap bahaya sinar ultraviolet. Pada penderita vitiligo, jumlah melanin dalam kulit tidak mencukupi, sehingga kulit pun tidak terlindungi dari sinar matahari. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih lanjut.

    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim ‘kamuflase’ kulit untuk menyetarakan warna kulit. Krim tahan air ini berfungsi menyamarkan bercak-bercak vitiligo. Alternatif lainnya adalah produk kosmetik seperti losion penggelap warna kulit atau yang lebih dikenal dengan tanning lotion.

    Vitiligo juga dapat ditangani dengan prosedur medis, namun langkah-langkah tersebut umumnya memiliki efek samping yang dapat memengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, dokter cenderung menganjurkan penanganan vitiligo dengan produk perawatan tubuh dan kosmetik secara maksimal sebelum memutuskan langkah penanganan lain.

    Menjalani penanganan medis juga memerlukan kesabaran karena membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum Anda merasakan keefektifannya. Berikut adalah sejumlah prosedur medis yang bisa dijalani pengidap vitiligo.

    - Obat oles
    - Analog vitamin D
    - Terapi cahaya (fototerapi)
    - Terapi laser
    - Operasi cangkok kulit

    https://www.alodokter.com/vitiligo


    Sabar Ati Viola Artsita B.
    8 - Auriga

    BalasHapus
  7. 1.>1.Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya
    vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit
    sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian
    kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian
    dalam mulut, dan bahkan mata.

    Pada kondisi normal, warna kulit, rambut, dan mata ditentukan oleh suatu pigmen yang
    disebut melanin. Pada vitiligo, sel-sel yang membentuk melanin berhenti berfungsi
    atau mati. Maka dari itu, terbentuklah bercak-bercak putih pada kulit akibat melanin
    tidak mampu memproduksi warna kulit.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    2.>Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa
    kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki
    penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    3.>Penyebab sebenarnya dari penyakit vitiligo masih belu diketahui, meskipun kebanyakan
    ahli percaya bahwa ini terjadi karena kondisi autoimun dimana sistem pertahanan tubuh
    keliru menyerang dan menghancurkan sel tertentu di dalama tubuh.

    corporate.kimiafarmaapotek.co.id

    4.>1.Terapi Ultraviolet A (PUVA).
    2.Mikropigmentasi.
    3.Depigmentasi
    4.blister grafting.
    5.pencangkokan kulit[skin grafting].
    6.Terapi kortikosteroid topikal.
    7.Menggunakan tabir surya.
    8.Lindungi kulit agar tidak terluka.
    9.Gunakan kosmetik pada kulit yang terserang vitiligo.
    10.Konsumsi air dari Bejana Tembaga.

    https://dokterspkk.com


    >Muhammad Hilmansyah Lukman.

    >8-Auriga.




    BalasHapus
  8. 1. Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Vitiligo merupakan suatu penyakit jangka panjang yang mana dapat menyebabkan bercak bercak putih pada kulit, penyakit ini dapat menyerang semua kulit tubuh. Biasanya jika orang mengidap penyakit vitiligo akan mengalami gejala utama seperti bercak bercak pada kulit yang mulanya berwarna lebih muda dari kulit normal dan lama kelamaan berubah warnanya menjadi putih. Belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya. Kondisi warna kulit tubuh sangat dipengaruhi oleh kondisi kadar pigmen melanin untuk kulit. Pigmen ini diproduksi oleh sel-sel kulit yang disebut melanosit.

    http://www.klikblogherbal.com/

    2. Penyakit vitiligo merupakan masalah yang berhubungan dengan pigmen kulit dan karena itu tidak menular, tetapi adanya kecacatan dalam produksi pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin dan itu bukan dari virus atau infeksi.

    https://www.bersosial.com/

    3. Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

    https://www.alodokter.com/

    4. Obat oles, Terapi cahaya (fototerapi), Operasi cangkok kulit, Analog vitamin D, Terapi laser

    https://www.alodokter.com/

    — Sanaya Avrilia
    8 Auriga

    BalasHapus
  9. 1.Vitiligo adalah suatu kondisi bercak putih di kulit. Setiap lokasi pada tubuh dapat dipengaruhi dan kebanyakan orang dengan vitiligo memiliki bercak putih di banyak area tubuh.
    Melanin adalah pigmen yang memberikan kulit warna khas. Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya. Meskipun vitiligo mempengaruhi semua ras dengan rasio yang sama, namun vitiligo lebih terlihat pada orang berkulit gelap http://doktersehat.com/vitiligo/#ixzz5DZxsNzw5

    2.Penyakit vitiligo merupakan masalah yang berhubungan dengan pigmen kulit dan karena itu tidak menular. penyebab utama dari gangguan ini adalah adanya kecacatan dalam produksi pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin dan itu bukan dari virus atau infeksi kuman lainnya. Dengan demikian, pada dasarnya gangguan pigmentasi yang terjadi pada lapisan dermal kulit manusia. Vitiligo tidak menular sama sekali, ini tidak seperti kebanyakan gangguan kulit lainnya atau infeksi. Adapun penyebab utama kerusakan di malanokosit, struktur yang bertanggung jawab untuk produksi melanin tidak dipahami dengan jelas sampai sekarang. Telah berteori bahwa kombinasi faktor autoimun, genetik (keturunan atau riwayat keluarga) dan lingkungan bertanggung jawab atas terjadinya vitiligo ini.

    https://www.bersosial.com/threads/apakah-penyakit-kulit-vitiligo-menular-atau-tidak.36881/

    3.Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    4.Obat oles,Analog vitamin D,Terapi cahaya (fototerapi),Terapi laser,Operasi cangkok kulit

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    -Ahmad Wildan Syahputra
    8 AURIGA

    BalasHapus
  10. 1. Vitiligo merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit. Hal ini menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit di berbagai area tubuh. Bisa juga menyerang rambut, bagian dalam mulut bahkan mata.Vitiligo terjadi ketika sel yang memproduksi zat warna kulit berhenti atau mati. Zat tersebut seharusnya berfungsi untuk memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Penyebab sel tersebut mati belum diketahui secara pasti. Namun, diduga berkaitan dengan hal-hal berikut ini:
    Faktor genetik
    Pemicu lainnya seperti stres, paparan sinar matahari, atau paparan kimia industri
    Penyakit autoimun, yakni ketika sistem kekebalan tubuh menyerang melanosit di kulit.

    https://www.klikdokter.com/penyakit/vitiligo


    2.Penyakit vitiligo merupakan masalah yang berhubungan dengan pigmen kulit dan karena itu tidak menular. penyebab utama dari gangguan ini adalah adanya kecacatan dalam produksi pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin dan itu bukan dari virus atau infeksi kuman lainnya. Dengan demikian, pada dasarnya gangguan pigmentasi yang terjadi pada lapisan dermal kulit manusia. Vitiligo tidak menular sama sekali, ini tidak seperti kebanyakan gangguan kulit lainnya atau infeksi. Adapun penyebab utama kerusakan di malanokosit, struktur yang bertanggung jawab untuk produksi melanin tidak dipahami dengan jelas sampai sekarang. Telah berteori bahwa kombinasi faktor autoimun, genetik (keturunan atau riwayat keluarga) dan lingkungan bertanggung jawab atas terjadinya vitiligo ini.

    https://www.bersosial.com/threads/apakah-penyakit-kulit-vitiligo-menular-atau-tidak.36881/


    3. Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

    https://www.alodokter.com/

    4.>1.Terapi Ultraviolet A (PUVA).
    2.Mikropigmentasi.
    3.Depigmentasi
    4.blister grafting.
    5.pencangkokan kulit[skin grafting].
    6.Terapi kortikosteroid topikal.
    7.Menggunakan tabir surya.
    8.Lindungi kulit agar tidak terluka.
    9.Gunakan kosmetik pada kulit yang terserang vitiligo.
    10.Konsumsi air dari Bejana Tembaga.

    https://dokterspkk.com


    ~Fauzan Vito S.N
    (Tiyo)~

    BalasHapus
  11. 1. Vitiligo merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit. Hal ini menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit di berbagai area tubuh. Bisa juga menyerang rambut, bagian dalam mulut bahkan mata.Vitiligo terjadi ketika sel yang memproduksi zat warna kulit berhenti atau mati. Zat tersebut seharusnya berfungsi untuk memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Penyebab sel tersebut mati belum diketahui secara pasti. Namun, diduga berkaitan dengan hal-hal berikut ini:
    Faktor genetik
    Pemicu lainnya seperti stres, paparan sinar matahari, atau paparan kimia industri
    Penyakit autoimun, yakni ketika sistem kekebalan tubuh menyerang melanosit di kulit.
    https://www.klikdokter.com/penyakit/vitiligo

    2. Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.
    https://www.alodokter.com/vitiligo

    3. Meskipun semua bagian tubuh Anda dapat dipengaruhi oleh vitiligo, namun, biasanya, vitiligo akan terjadi pada daerah yang terpapar sinar matahari terlebih dahulu, seperti tangan, kaki, lengan, wajah, dan bibir. Alat vital mungkin juga dapat terpengaruh oleh penyakit ini. Vitiligo tidak mengenal ras, semua orang dapat mengalaminya. Namun, seringkali vitiligo baru dialami ketika Anda berusia 10 hingga 30 tahun.

    http://infopenyakit17.blogspot.co.id/2015/05/vitiligo-merupakan-penyakit-tidak-menular.html

    4. - Obat oles
    - Analog vitamin D
    - Terapi cahaya (fototerapi)
    - Terapi laser
    - Operasi cangkok kulit
    https://www.alodokter.com/vitiligo

    Irsyad Zain Ismail
    8 Auriga

    BalasHapus
  12. 1. Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.
    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/

    Penyebab vitiligo
    Melanin adalah pigmen yang memberikan kulit warna khas. Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya. Meskipun vitiligo mempengaruhi semua ras dengan rasio yang sama, namun vitiligo lebih terlihat pada orang berkulit gelap.
    http://doktersehat.com/vitiligo/


    2. Kelainan ini berkaitan dengan Melanin. Pada penderita vitiligo, melanosit tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan melanin sehingga melanin tidak ditemukan dalam kulit.Penyakit vitiligo ini sama sekali bukanlah penyakit yang menular karena merupakan suatu kelainan yang terjadi pada tubuh manusia.
    https://www.youtube.com/watch?v=pkG49aimo-M


    3. Warna kulit seseorang ditentukan oleh sebuah pigmen yang disebut dengan melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit yang disebut dengan melanosit. Pada kasus vertigo, jumlah melanosit tidak memadai untuk menghasilkan melanin pada kulit, sehingga akan terbentuk bercak berwarna putih di area kulit ataupun rambut.
    Hingga saat ini, penyebab kurangnya melanosit masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar menduga kondisi ini dipicu oleh sejumlah seperti:

    Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
    Riwayat keluarga (keturunan).
    Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.
    Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.


    4.Penanganan vitiligo ditujukan terutama untuk memperbaiki estetika atau penampilan kulit dengan cara mengembalikan warna kulit seperti semula. Sayangnya, dampak terapi seringkali hanya bersifat sementara, dan tidak menjamin penghentian penyebaran penyakit.

    Sinar matahari dapat menjadi masalah tersendiri bagi penderita vitiligo. Ketika terpapar sinar matahari, kulit akan menghasilkan melanin untuk melindungi kulit terhadap bahaya sinar ultraviolet. Pada penderita vitiligo, jumlah melanin dalam kulit tidak mencukupi, sehingga kulit pun tidak terlindungi dari sinar matahari. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih lanjut.

    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim ‘kamuflase’ kulit untuk menyetarakan warna kulit. Krim tahan air ini berfungsi menyamarkan bercak-bercak vitiligo. Alternatif lainnya adalah produk kosmetik seperti losion penggelap warna kulit atau yang lebih dikenal dengan tanning lotion.

    Menjalani penanganan medis juga memerlukan kesabaran karena membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum Anda merasakan keefektifannya. Berikut adalah sejumlah prosedur medis yang bisa dijalani pengidap vitiligo.

    - Obat oles
    - Analog vitamin D
    - Terapi Cahaya (fototerapi)
    - Terapi Laser
    - Operasi cangkok kulit
    https://www.alodokter.com/vitiligo


    Muhammad Fatih Ilmi
    8 Auriga

    BalasHapus
  13. 1. Vitiligo adalah kondisi kulit yg umum terjadi akibat pigmentasi hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seperti punggung tangan, wajah, dan ketiak. Ada banyak faktor risiko untuk vitiligo, yaitu: genetik: vitiligo bisa didapat dari keluarga; orang dengan riwayat keluarga vitiligo, atau jika uban muncul dini sering berisiko lebih tinggi vitiligo. Faktor risiko penyakit autoimun, seperti tiroiditis Hashimoto autoimun.
    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/




    2. Vitiligo bukanlah penyakit menular. Pasalnya, vitiligo bukan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, tetapi oleh sebuah keadaan dari dalam diri sendiri. Berdekatan, berbincang-bincang atau bersentuhan dengan penderita vitiligo sekalipun tidak akan tertular. Karena keminiman informasi, orang cenderung menjauh dari penderita vitiligo, karena takut tertular. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Kasihan, karena si penderita sudah tersiksa memikirkan kondisi dirinya. Dengan menjauhinya, berarti hanya akan menekan batinnya. Celakanya, jika penyebab vitiligo itu ternyata faktor stres, maka sikap menjauhinya hanya akan menambah stres dan mempercepat penyebaran vitiligo ke bagian-bagian tubuh lainnya. Karena itu, jika ada tetangga, teman atau saudara menderita vitiligo, bersikaplah biasa saja.
    https://www.kompasiana.com/rudywiryadi12/vitiligo-bukan-penyakit-menular_5969774f45539303df104fc2




    3. Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.
    https://alodokter.com/vitiligo



    4. - Terapi Ultraviolet A
    - Mikropigmentasi
    - Blister Grafting
    - Pencangkokan Kulit
    - Menggunakan Tabir Surya
    - Depigmentasi
    https://dokterspkk.com/cara-menyembuhkan-vitiligo




    Zsalsabila Anisa Putri -8 Auriga-

    BalasHapus
  14. 1. Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.

    2. tidak menular karena penyakit vitiligo adalah penyakit genetik dan adanya ke cacatan dalam produksi pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin dan itu bukan dari virus atau infeksi.

    3. Faktor keturunan memang menjadi salah satu faktor yang menimbulkan vitiligo tetapi tidak secara pasti akan lompat generasi, ada penelitian mengungkapkan jika memiliki keluarga inti dengan riwayat vitiligo maka risiko untuk terkena vitiligo meningkat 5% tetapi juga ada penelitian yang mengungkapkan bahwa vitiligo diturunkan secara non-mendellian dimana banyak faktor yang berpengaruh terhadap risiko vitiligo dan tidak diturunkan secara mendellian.

    Jika memiliki keluarga dengan riwayat tersebut maka perlu diperhatikan jika terdapat bercak-bercak putih pada tubuh untuk dilakukan pemeriksaan pada dokter agar dapat segera diperiksakan dan mendapatkan penanganan. Hindari dan batasi paparan sinar matahari secara langsung, gunakan tabir surya pada anggota tubuh yang tidak tertutup, dan perhatikan kesehatan dan kebersihan kulit untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan kulit.

    4.-obat oles
    - Analog vitamin D
    - Terapi cahaya (fototerapi)
    - terapi laser
    - operasi cangkok kulit

    — shafa kamila
    8 Auriga

    BalasHapus
  15. 1)a. Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.
    > https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/
    b. Vitiligo terjadi karena kurangnya produksi melanin kulit. Melanin merupakan senyawa yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.
    > https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun

    2) Pasalnya, penyakit vitiligo bukan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, tetapi disebabkan oleh sebuah keadaan dari dalam diri sendiri. Berdekatan, berbincang-bincang atau bersentuhan dengan penderita vitiligo sekalipun tidak akan tertular. Vitiligo sebenarnya bukan penyakit yang menular dan tidak berbahaya. penyakit ini tidak memiliki efek samping berupa penyakit lain. Penderita penyakit ini tetap akan sehat dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa, hanya dari segi penampilan, akan berbeda. perbedaannya seperti warna kulit yang akan berubah menjadi belang-belang yang tentu akan mengurangi keindahan. Bila kasus ini dialami oleh seseorang yang berusia produktif, dimana aktivitas kesehariannya selalu berhubungan dengan orang lain, bisa jadi ia kehilangan rasa percaya diri.
    > https://www.kompasiana.com/rudywiryadi12/vitiligo-bukan-penyakit-menular_5969774f45539303df104fc2

    3) Tidak semua orang dapat memiliki penyakit ini. Karena, penyakit ini berdasarkan keturunan dan tidak menular. Selain itu, vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.
    > https://www.alodokter.com/vitiligo

    4) Ada beberapa cara tindakan medis yang dapat menyembuhkan penyakit vitiligo, seperti :
    a. Terapi medis (Terapi kortikosteroid topikal,Terapi kortikosteroid topikal, Psoralen topikal ditambah ultraviolet A (PUVA),Narrowband B (UVB) terapi ultraviolet, Depigmentasi, dan Oral psoralen photochemotherapy (oral PUVA)).
    b. Terapi bedah
    c. Terapi eksperimental
    > https://halosehat.com/penyakit/vitiligo/penyebab-vitiligo

    Fathinah putri
    8 Auriga

    BalasHapus
  16. 1.Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

    *https://www.alodokter.com/vitiligo

    2.Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.

    *https://www.alodokter.com/vitiligo

    3.Hal yang dapat Ibu lakukan untuk menurunkan risiko memiliki keturunan vitiligo adalah: - Konsumsi makanan sehat dengan menu seimbang, hindari makanan yang tidak matang sempurna, makanan yang dicurigai mengandung merkuri tinggi (seperti ikan laut) - Hindari paparan zat kimia seperti asap rokok, asap kendaraan, zat-zat yang biasa digunakan di salon kecantikan - Hindari konsumsi alkohol - Hindari konsumsi obat selain resep dari Dokter - Jika telah memiliki keturunan, jagalah asupan makanannya seperti saran di atas, dan jangan lupa berikan tabir surya jika ke luar ruangan. Pemberian tabir surya dapat dilakukan sejak bayi, terutama saat menjemur bayi di bawah panas matahari. Pilihlah tabir surya khusus untuk bayi dan oleskan di permukaan kulit 30 menit sebelum terpapar matahari.

    *https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun

    4. obat oles, analog vitamin D, terapi cahaya (fototerapi), terapi leser, dan operasi cangkok kulit.

    *https://www.alodokter.com/vitiligo


    Ade Putra B
    8 AQUILA

    BalasHapus
  17. 1.
    A.Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.

    B.Perubahan ini tidak dapat dirasakan dengan jari. Vitiligo tidak nyeri ataupun gatal. Ukuran vitiligo bervariasi dan dapat mencapat 1 inchi. Area yang kehilangan pigmen akan menyebar ke area yang lebih luas dengan bentuk tidak teratur. Vitiligo sering terjadi pada kedua sisi tubuh di sekitar tempat yang sama. Kadang-kadang rambut di area tersebut juga akan kehilangan pigmen.

    Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/


    2.Vitiligo bukan kanker dan tidak menular.Hal ini bisa didapat dari keluarga.

    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/


    3.Vitiligo merupakan penyakit dimana terbentuknya bercak-bercak keputihan pada kulit. Vitiligo bukanlah penyakit menular, namun berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor keturunan yang dapat menimbulkan vitiligo, sekitar 1 penderita dari 5 penderita vitiligo memiliki keluarga dengan penyakit yang sama.

    ttps://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun


    4.Terapi dapat berupa kombinasi kosmetik, krim yang diresepkan, dan terapi cahaya khusus.

    Vitiligo ringan tidak membutuhkan terapi. Orang dengan area vitiligo kecil dapat terlihat normal dengan kosmetik. Orang berkulit putih dapat mengatasinya dengan menghindari berjemur, atau dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dan menghindari cahaya matahari langsung.

    Untuk area vitiligo yang sangat kecil, krim steroid diberikan ke kulit dapat membantu memperbaikinya. Hasil terbaik didapatkan 3-4 bulan. Krim steroid jangan dioleskan pada kelopak mata, ketiak, atau area lipat paha.

    Terapi sinar khusus, atau PUVA, terdiri dari pengolesan solutio obat bernama psoralen, diikuti dengan sinar ultraviolet. Psoralen dapat juga dalam bentuk pil. Terapi ini terbaik untuk wajah, leher, batang tubuh, lengan atas, dan kaki atas. Hasil dapat muncul setelah 25-50kali terapi tergantung area yang terlibat. Efek samping utama yaitu luka bakar seperti sengatan matahari yang cukup parah dan melepuh.

    https://hellosehat.com/penyakit/vitiligo/

    -Dane(8-Auriga)

    BalasHapus
  18. 1. Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Penyebab penyakit Vitiligo:

    A. Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.

    B. Riwayat keluarga (keturunan).

    C. Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.

    D. Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

    (https://www.alodokter.com/vitiligo)

    2. Penyakit vitiligo ini sama sekali bukanlah penyakit yang menular karena merupakan suatu kelainan yang terjadi pada tubuh manusia.

    (https://www.google.co.id/search?rlz=1C1AVFC_enID746ID747&ei=rRbnWvq1DorcvgS2h7_oBA&q=apakah+penyakit+vitiligo+menular&oq=apakah+pen&gs_l=psy-ab.3.0.0i67k1l2j0l8.344448.346782.0.350414.10.10.0.0.0.0.161.1121.0j8.8.0..2..0...1.1.64.psy-ab..2.8.1118...35i39k1j0i131k1j0i3k1j0i203k1.0.JqweNmDSO_0)

    3. Vitiligo bukanlah penyakit menular, namun berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor keturunan yang dapat menimbulkan vitiligo, sekitar 1 penderita dari 5 penderita vitiligo memiliki keluarga dengan penyakit yang sama.

    (www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun)

    4. A. Obat Oles
    Beberapa jenis obat oles yang digunakan untuk menangani vitiligo adalah
    kortikosteroid, pimecrolimus atau tacrolimus, dan losion depigmentasi.

    B. Analog vitamin D
    Penderita vitiligo akan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung
    karena berdampak buruk terhadap kulit. Padahal, vitamin D merupakan salah satu sumber
    penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, sebagian besar
    penderita vitiligo membutuhkan suplemen vitamin D guna memastikan kecukupan vitamin D
    di tubuh. Penggunaan obat ini dapat dikombinasikan dengan kortikosteroid atau
    fototerapi.

    C. Terapi cahaya (fototerapi)
    Langkah medis ini akan dipilih jika bercak-bercak vitiligo pengidap sudah menyebar
    luas dan tidak bisa ditangani dengan obat oles. Terapi ini menggunakan cahaya
    ultraviolet A (UVA) atau B (UVB) untuk mengembalikan warna kulit yang terserang
    vitiligo. Paparan UVA yang berlebihan berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit
    sementara paparan UVB akan menurunkannya.

    D. Terapi laser
    Sama seperti fototerapi, prosedur ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada
    bercak-bercak vitiligo. Namun terapi laser hanya efektif untuk vitiligo yang
    menyerang sebagian kecil kulit tubuh.

    E. Operasi cangkok kulit
    Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang tidak mengalami vitiligo akan
    diambil dan digunakan untuk melapisi kulit yang memiliki bercak-bercak vitiligo.
    Operasi ini dapat dilakukan apabila bercak-bercak vitiligo hanya menyerang sebagian
    kecil tubuh dan tidak mengalami perkembangan.

    Hanif Musyafa -8 Auriga-

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Penyebab penyakit Vitiligo:

      A. Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.

      B. Riwayat keluarga (keturunan).

      C. Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.

      D. Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

      (https://www.alodokter.com/vitiligo)

      2. Penyakit vitiligo ini sama sekali bukanlah penyakit yang menular karena merupakan suatu kelainan yang terjadi pada tubuh manusia.

      (https://www.google.co.id/search?rlz=1C1AVFC_enID746ID747&ei=rRbnWvq1DorcvgS2h7_oBA&q=apakah+penyakit+vitiligo+menular&oq=apakah+pen&gs_l=psy-ab.3.0.0i67k1l2j0l8.344448.346782.0.350414.10.10.0.0.0.0.161.1121.0j8.8.0..2..0...1.1.64.psy-ab..2.8.1118...35i39k1j0i131k1j0i3k1j0i203k1.0.JqweNmDSO_0)

      3. Vitiligo bukanlah penyakit menular, namun berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor keturunan yang dapat menimbulkan vitiligo, sekitar 1 penderita dari 5 penderita vitiligo memiliki keluarga dengan penyakit yang sama.

      (www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun)

      4. A. Obat Oles
      Beberapa jenis obat oles yang digunakan untuk menangani vitiligo adalah
      kortikosteroid, pimecrolimus atau tacrolimus, dan losion depigmentasi.

      B. Analog vitamin D
      Penderita vitiligo akan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung
      karena berdampak buruk terhadap kulit. Padahal, vitamin D merupakan salah satu sumber
      penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, sebagian besar
      penderita vitiligo membutuhkan suplemen vitamin D guna memastikan kecukupan vitamin D
      di tubuh. Penggunaan obat ini dapat dikombinasikan dengan kortikosteroid atau
      fototerapi.

      C. Terapi cahaya (fototerapi)
      Langkah medis ini akan dipilih jika bercak-bercak vitiligo pengidap sudah menyebar
      luas dan tidak bisa ditangani dengan obat oles. Terapi ini menggunakan cahaya
      ultraviolet A (UVA) atau B (UVB) untuk mengembalikan warna kulit yang terserang
      vitiligo. Paparan UVA yang berlebihan berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit
      sementara paparan UVB akan menurunkannya.

      D. Terapi laser
      Sama seperti fototerapi, prosedur ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada
      bercak-bercak vitiligo. Namun terapi laser hanya efektif untuk vitiligo yang
      menyerang sebagian kecil kulit tubuh.

      E. Operasi cangkok kulit
      Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang tidak mengalami vitiligo akan
      diambil dan digunakan untuk melapisi kulit yang memiliki bercak-bercak vitiligo.
      Operasi ini dapat dilakukan apabila bercak-bercak vitiligo hanya menyerang sebagian
      kecil tubuh dan tidak mengalami perkembangan.

      (https://www.alodokter.com/vitiligo)

      Hanif Musyafa -8 Auriga-

      Hapus
  19. 1.)Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya
    vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit
    sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit
    manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam
    mulut, dan bahkan mata.Pada kondisi normal, warna kulit, rambut, dan mata ditentukan
    oleh suatu pigmen yang disebut melanin. Pada vitiligo, sel-sel yang membentuk melanin
    berhenti berfungsi atau mati. Maka dari itu, terbentuklah bercak-bercak putih pada
    kulit akibat melanin tidak mampu memproduksi warna kulit.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    2.)Penyakit vitiligo merupakan masalah yang berhubungan dengan pigmen kulit dan karena
    itu tidak menular.Namun meskipun penyakit vitiligo ini tidak menular, ada bukti bahwa
    mereka dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

    https://www.bersosial.com/threads/apakah-penyakit-kulit-vitiligo-menular-atau-
    tidak.36881/

    3.)beberapa pakar menduga penyakit vitiligo dipicu oleh Penyakit autoimun. Autoimun
    merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-
    sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.Riwayat keluarga
    (keturunan).Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari,
    stres, atau paparan bahan-bahan kimia.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    4.)Berikut adalah sejumlah prosedur medis yang bisa dijalani pengidap vitiligo:

    -Obat oles:Beberapa jenis obat oles yang digunakan untuk menangani vitiligo adalah
    kortikosteroid, pimecrolimus atau tacrolimus, dan losion depigmentasi.
    -Analog vitamin D
    -Terapi cahaya (fototerapi): Terapi ini menggunakan cahaya ultraviolet A (UVA) atau B
    (UVB) untuk mengembalikan warna kulit yang terserang vitiligo.
    - Terapi laser: Terapi laser hanya efektif untuk vitiligo yang menyerang sebagian
    kecil kulit tubuh.
    - Operasi cangkok kulit: Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang
    tidak mengalami vitiligo akan diambil dan digunakan untuk melapisi kulit yang
    memiliki bercak-bercak vitiligo. Operasi ini dapat dilakukan apabila bercak-bercak
    vitiligo hanya menyerang sebagian kecil tubuh dan tidak mengalami perkembangan.

    https://www.alodokter.com/vitiligo

    Billie Anggara S.(8 Auriga)

    BalasHapus
  20. 20 komentar:

    Anonim24 April 2018 10.13
    1. Sebuah penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dalam bentuk bercak.Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://doktersehat.com/vitiligo/&ved=0ahUKEwiLoo_a9dHaAhUGQo8KHQ2_AmsQFggwMAI&usg=AOvVaw0oJfFnDabMQ_rznyufLAc7

    2. Kelainan ini berkaitan dengan Melanin. Pada penderita vitiligo, melanosit tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan melanin sehingga melanin tidak ditemukan dalam kulit.sakit vitiligo ini sama sekali bukanlah penyakit yang menular karena merupakan suatu kelainan yang terjadi pada tubuh manusia.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.youtube.com/watch%3Fv%3DpkG49aimo-M&ved=0ahUKEwiPuPn-9dHaAhXFQ48KHfPBCxYQFggxMAI&usg=AOvVaw02QxJ33OVcaqN7OiYI0Hx9

    3.Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam. vitiligo termasuk penyakit yang bisa disebabkan oleh keturunan, karena pigmen kulit keturunan oleh keluarganya.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.alodokter.com/vitiligo&ved=2ahUKEwjttJvL9tHaAhWKLY8KHX3_AB8QFjAAegQICBAB&usg=AOvVaw3iCGhsp0Rze5V_2b81p_db

    4. Obat oles, analog vitamin B, terapi cahaya, terapi laser, operasi cangkok kulit, dan cara medis lainnya

    https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.alodokter.com/vitiligo&ved=2ahUKEwjm3tHV99HaAhUHKo8KHdVlCTYQFjAAegQIBxAB&usg=AOvVaw3iCGhsp0Rze5V_2b81p_db

    Revanza
    8 Auriga

    BalasHapus
  21. Lebih dari 150 ribu kasus per tahun (Indonesia)
    Penyakit ini jarang memerluka tes atau uji laboratorium. Tetapi membutuhkan diagnosa medis. Vitiligo terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen mati atau berhenti berfungsi.

    Hilangnya warna kulit dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun, termasuk mulut, rambut dan mata. Bisa lebih terlihat pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap.
    Perawatan dapat memperbaiki penampilan kulit tetapi tidak menyembuhkan penyakit.

    Bukan penyakit menular

    Vitiligo bukan penyakit menular, tapi bisa diturunkan kepada keturunannya.

    Perawatan dapat membantu, tetapi kondisi ini tidak dapat disembuhkan.
    Penyakit ini bisa bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup

    https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-vitiligo-penyakit-menurun

    https://www.google.com/search?hl=en-GB&ie=UTF-8&source=android-browser&q=vitiligo&gws_rd=ssl

    Vitiligo memang tidak dapat diobati namun kita dapat mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut lebih meluas.

    1. Tidak menghuni rumah yang baru didekorasi
    2. Tidak berolahraga lari di tempat yang penuh asap
    3. Memilih makanan yang sehat
    4. Diet sehat dan seimbang
    5. Perlindungan kulit maksimal
    6. Memanfaatkan krim kamuflase kulit
    7. Menggunakan kunyit
    8. Menggunkan daun kemangi

    https://www.google.com/search?hl=en-GB&ie=UTF-8&source=android-browser&q=Cara+mencegah+vitiligo

    Cora Charis

    BalasHapus
  22. 1.Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

    2.Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres.

    3.Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

    4.Langkah Penanganan Vitiligo
    -Obat oles
    -Analog vitamin D
    -Terapi cahaya (fototerapi)
    -terapi laser
    -Operasi cangkok kulit

    sumber:https://www.alodokter.com/vitiligo
    -jihan 8 Auriga-

    BalasHapus