Hujan es


Setelah Bandung dan Bekasi, kamis lalu giliran pamulang, Tangerang Selatan, Banten, yang merasakan adanya hujan es.

Hujan yg terjadi dari siang mengakibatkan hujan es di Pamulang. Hal ini menyebabkan warga tidak berani untuk keluar karena rasa sakit yg ditimbulkan karena terkena hujan es. Ukurannya diperkirakan sebesar kelereng.

Sekarang yg harus didiskusikan,
1. Apa itu hujan es?
2. Kenapa hujan es bisa terjadi hanya didaerah tertentu?
3. Apakah daerah sekolah kita, pondok aren bisa merasakan hujan es juga? Jika ia, apa alasannya?

Ditunggu komentarnya.

Adi Ilhami

27 komentar:

  1. 1.Hujan es,dalam ilmu meteorologi disebut juga hail,adalah presipitasi yg terdiri dari bola-bola es.Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan atmosfer pada lapisan di atas level beku.Es yg terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.


    2.Pertama, dalam masa pancaroba, hujan tidak turun selama tiga hari berturut-turut. Bila itu terjadi, maka pada hari keempat dapat terjadi hujan dalam bentuk es disertai angin kencang.

    Kedua, hujan tetap ada. Namun, pagi pada hari tertentu terasa cukup terik, kelembaban tinggi, dan ada beda suhu yang besar dalam satu hari.

    Dua kondisi itu mengakibatkan hujan es karena mengakumulasikan air dalam bentuk awan kumulonimbus, jenis awan yang pada awalnya berbentuk menyerupai bunga kol berwarna putih namun kemudian berubah jadi abu-abu.


    3.Bisa saja jika cuacanya ekstrim,dan sebulan yglalu pernah terjadi hujan es juga di pasar minggu.:D :v



    ~DANE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dgn jawaban dari dane karna, isinya sama seperti artikel yg sudah saya baca.Yang bersumber dari:WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA...


      ~DARA~

      Hapus
    2. Ada artikel lain gak selain dari wikipedia? Itu yg dijadiin sumbernya.

      Hapus
    3. Saya SETUJU DENGAN JAWABAN DANE KARENA ISINYA AGAK SAMA (GAK TERLALU SAMA:V).YG BERSUMBER http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/hujan-es


      :V:V:V:V:V:V:V:V:V ADI :V:V:V:V:V:V:V:V:V

      Hapus
    4. isi sumbernya apa adi? gak bisa cuma sumbernya aja.

      Hapus
    5. Saya setuju denga penjelasan dane karena saya juga sudah baca di wikipedia
      *syelvi*

      Hapus
  2. Saya setuju dengan jawaban Ardan, Karena seperti yang saya baca, hujan es yang dapat terjadi Karena awan kumulo nimbus. Awan in naik terus di mana suhu bumi kurang stabil. Suhu yang kurang stabil in menyebabkan rintikan air membeku. Dengan Massa Dan grafitasi Serta tekanan udara,es meluncur cepat hingga belum sempat meleleh. Nama lain dari hujan es adalah hail. Sumber: www.rihoen.com/penyebab-terjadinya-hujan-es/
    -Charis.Asvas-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat charis,saya juga membaca disitus yang sama,hujan es biasa terjadi saat peralihan musim,parsel udara naik akibat proses konveksi naik keatas,kalau proses konveksi didasar kuat,awan makin tebal dan komponen es semakin besar
      Jawaban hujan terjadi pada saat apa bersumber dari:
      Https://m.detik.com

      Hapus
    2. Jawaban yang sumbernya https://m.detik.com punya:
      KINANTI ACHMAD

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dane karena artikel yang saya baca sama dengan penjelasan yang di berikan oleh dane

      https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_es

      -rafli

      Hapus
  3. 1. hujan es biasa terjadi di peralihan musim. "Proses pembentukan awan, partikel kita menyebut istilah parsel udara ketika dia naik akibat proses konveksi naik ke atas. Ketika sampai, kondisinya sangat jenuh berubah menjadi butir-butir awan, itu akan tumbuh. Kalau proses konvektif di dasar kuat di bawah, awan makin tebal komponen es semakin besar

    2. adanya penguapan air laut yang kemudian menjadi awan yang mengandung air, dan kemudia air tersebut turun menjadi jatuhan- jatuhan air yang disebut dengan hujan. Namun apakah hal ini sama dengan yang menyebabkan hujan es turun? Ya, hal ini ternyata tidak terlalu berbeda debgan yang menyebabkan terjadinya hujan es. Salah satu yang menyebabkan terjadinya hujan es adalah pembekuan. Dimana pada kondisi ini, uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih- benih es. Kemudian karena terjadi pengembunan yang mendadak, maka terjadi pembentukan es dengan ukuran yang sangat besar. Sebenarnya hujan es ini bukanlah fenomena alam yang aneh dan langka. Hujan es ini sudah seringkali terjadi. Dan terjadinya hujan es ini bisa saja menimpa daerah- daerah tropis bahkan bukan di saat musim penghujan. Butiran es yang jatuh saat hujan es merupakan kondensasi dari air hujan yang menggumpal di atas permukaan bumi yang disebut dengan awan gelap.

    3.mungkin saja, jika pernah terjadi hujan es di daerah tersebut.

    ---------------Dimas--------------------

    BalasHapus
  4. 1.hujan es adalah Hail atau hujan es ini merupaka presipitasi yang terdiri dari bola – bola es. Salah satu proses pembetukannya adalah melalui kondensasi uap lyang melewati proses pendinginan di atmosfer atau biasa disebut freezing level. Proses pendinginan sendiri biasanya berada di atas level beku. Hal tersebut yang menyebabkan hanya terbentuk es dengan bentuk yang besar – besar saja.

    2.Hujan terjadi akibat adnya perubahan uap air yang terkandung dalam awan menjadi titik-titik air, proses ini disebut presifitasi. Dalam kondisi normal, gumpalan awan akan berubah menjadi titik-titik air hujan, namun dalam kondisi tertentu, presifitasi bisa berlangsung secara “tidak normal”, dimana gumpalan awan yang berisi uap air tidak terururai dengan sempurna sehingga ketika turun masih berupa butiran-butiran menyeruapai kristal, hal tersebut bisa terjadi jika suhu udara turus drastic secara tiba-tiba.
    Karena berbentuk Kristal, maka kecepatannya turun sampai ke permukaan tanah pun menjadi lebih tinggi, untuk butiran es dengan dengan diameter 1 cm, memiliki kecepatan 34 km/jam dan untuk butiran Kristal dengan ukuran yang lebih besar diameternya, misalnya 5 cm atau lebih, kecepatannya bisa mencapai 240 km/jam. Butiran atau bongkahan kecil es tersebut yang kemudian berdampak terhadap kerusakan rumah, kendaraan dan tanaman di lahan pertanian.

    3.hujan es bisa terjadi karena saat kondensasi di dalam awan Cumulonimbus mele­wati batas lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di batas level beku.Jadi masih ada kemungkinan bila pondok aren mengalami peristiwa hujan es

    BalasHapus
  5. 1. hujan es adalah hail atau hujan es,merupakan prespitasi dari beberapa bola es
    2.hujan es terjadi di daerah tersebut karna daerah yang dihujani hujan es,merupakan wilayah yang memiliki musim pancaroba sperti indonesia.
    3.bisa saja karna negara kita merupakan wilyah yang memiliki usim pancaroba.

    BalasHapus
  6. 1.Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat, tidak semua es mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara subtropis, tetapi bisa juga terjadi di daerah ekuator.

    2.Air yang banyak tersebut tersimpan dalam satu wadah yang dinamakan samudera, laut, sungai, danau, rawa, dan lain sebagainya. Kemudian air- air tersebut akan mengalami penguapan atau disebut dengan evaporasi melalui bantuan sinar matahari. Termasuk pula dengan air yang berada di dedaunan tumbuh- tumbuhan atau di permukaan tanah.
    Proses penguapan air (khususnya dari tumbuh- tumbuhan) tersebut dinamakan transpirasi. Uap air yang dihasilkan dari penguapan tersebut akan mengalami pemadatan atau kondensasi yang kemudian menjadi awan. Kemudian awan- awan tersebut bergerak sendiri- sendiri ke tempat yang berbeda- beda dengan bantuan angin, baik angin yang berhembus vertikal maupun horisontal.
    Lalu awan yang mengandung uap air tersebut tertiup dan sampailah pada tempat yang suhunya lebih dingin dan mencapai dew point atau titik embun, lalu mengembun, dan karena beratnya embun ini maka turunlah menjadi titik- titik hujan.
    Ketika telah mengembun tersebut, sudah menjadi air, dan tertiup oleh angin thermis yang naik, ke ketinggian yang memiliki temperatur dibawah titik beku, embun tersebut akan berubah menjadi es yang akan jatuh ke bawah. Ikatan antar molekul es ini lebih kuat daripada antar molekul air, kare es merupakan benda padat. Hal itu menyebabkan es tersebut jatuh ke bawah dengan bentuk yang tidak rapi teratur, bisa seukuran kerikil, namun ada juga yang hingga seukuran kepalan tangan.

    3.bisa saja,karena hujan es sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

    -Lilo

    BalasHapus
  7. 1.Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat, tidak semua es mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara subtropis, tetapi bisa juga terjadi di daerah ekuator.

    Proses lain yang dapat menyebabkan hujan adalah pembekuan, di mana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terbentuklah es dengan ukuran yang besar.


    2.Air yang banyak tersebut tersimpan dalam satu wadah yang dinamakan samudera, laut, sungai, danau, rawa, dan lain sebagainya. Kemudian air- air tersebut akan mengalami penguapan atau disebut dengan evaporasi melalui bantuan sinar matahari. Termasuk pula dengan air yang berada di dedaunan tumbuh- tumbuhan atau di permukaan tanah.
    Proses penguapan air (khususnya dari tumbuh- tumbuhan) tersebut dinamakan transpirasi. Uap air yang dihasilkan dari penguapan tersebut akan mengalami pemadatan atau kondensasi yang kemudian menjadi awan. Kemudian awan- awan tersebut bergerak sendiri- sendiri ke tempat yang berbeda- beda dengan bantuan angin, baik angin yang berhembus vertikal maupun horisontal.
    Lalu awan yang mengandung uap air tersebut tertiup dan sampailah pada tempat yang suhunya lebih dingin dan mencapai dew point atau titik embun, lalu mengembun, dan karena beratnya embun ini maka turunlah menjadi titik- titik hujan.
    Ketika telah mengembun tersebut, sudah menjadi air, dan tertiup oleh angin thermis yang naik, ke ketinggian yang memiliki temperatur dibawah titik beku, embun tersebut akan berubah menjadi es yang akan jatuh ke bawah. Ikatan antar molekul es ini lebih kuat daripada antar molekul air, kare es merupakan benda padat. Hal itu menyebabkan es tersebut jatuh ke bawah dengan bentuk yang tidak rapi teratur, bisa seukuran kerikil, namun ada juga yang hingga seukuran kepalan tangan.


    3.mungkin karena negara kita punya musim pancaroba :v


    kanti^-^

    BalasHapus
  8. 1.Hujan es ini dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. Slah satu pembentukan dari bola- bola es ini adalah melalui kondensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku. Biasanya, hanya es yang berukuran besar saja yang terjadi dengan proses seperti ini. Karena ukurannya yang besar, sehingga meski es sudah turun ke suhu yang lebih hangat dan daerah lebih rendah, tidak semua es ini menjadi cair (mencair).

    2.Perlu diketahui, hujan es ini tidak hanya bisa tirun di daerah subtropis saja, namun hujan es ini juga dapat terjadi di daerah sekitar garis ekuator atau daerah pembagian musim tropis, termasuk di Indonesia. Hujan es ini biasanya terjadinya tidak terlalu kelihatan, dan terjadinya hujan es ini disertai dengan hujan air. Hujan es ini biasanya terjadi hanya sekitar beberapa menit saja, kemudian setelah itu akan kembali ke hujan air normal seperti biasanya. Walau ad yg agak lama tergantung dari ekstremnya cuaca yang terjadi. Seperti di Bandung jadi mirip salju.

    3.bisa saja karena hujan es tidak hanya terjadi di daerah subtropis saja, bisa terjadi di daerah ekuator seperti Indonesia, ini juga tergantung dengan ekstremnya cuaca :v

    -naura-

    BalasHapus
  9. 1.Hujan es dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola bola es salah satu dari pembentukan dari bola bola es ini adalah melakukan kondensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku

    2.Ternyata hujan es tidak hanya bisa turun didaerah subtropis saja namun hujan es ini juga dapat terjadi di daerah disekitar garis ekuator atau daerah pembagian musim tropis

    3.Bisa saja terjadi jika suhu air lautnya masih dingin *gitu bukan si pak??

    -nabila-

    BalasHapus
  10. Hujan es adalah bentuk presipitasi padat yang terdiri dari bola atau tidak teratur gumpalan es, yang secara individual disebut batu hujan es.

    Hujan es di awan cumulonimbus ketika tetesan air superdingin membeku pada kontak dengan inti kondensasi. Badai's arus ke atas, dengan kecepatan angin diarahkan menanjak setinggi 110 mil per jam (180 km / h), meniup hujan es kembali awan. memboroskan arus ke atas dan hujan es itu jatuh, kembali ke arus ke atas, dan diangkat lagi. Jenis ini arus naik yang kuat juga dapat menunjukkan adanya tornado Setiap badai yang menghasilkan hujan es yang mencapai tanah dikenal sebagai sebuah es. -RAKHA-

    BalasHapus
  11. 1.Hujan es adalah:presipitasiyg terdiri dari bola-bola es.pembentukan bola" es ini melalui kondensasi uap air lewat proses pendidingan di atmosfer pada sebuah lapisan yg terletak diatas level beku. (no.1, bersumber dari:ilmugeografi.com)
    2.Hujan es bisa terjadi dalam dua kondisi, yaitu:
    (a)Yang pertama dalam masa pancaroba,hujan tdk turun selama tiga hari berturut-turut,sehingga di hari ke-4 terjadinya hujan es dan disertai dengan angin kencang.
    (b)Yang kedua,juahn tetap ada namun pada pagi hari tertentu terasa cukup terik,kelembaban tinggi,dan ada beda suhu yg besar dalam suatu hari.dua kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya hujan es karena,mengakumulasikan dalam bentuk awan komulonimbus, jenis awan yg pada awalnya bentuknya menyerupai bunga kol berwarna putih lalu kemudian berubah menjadi abu-abu. (bersumber dari BMKB)
    (3)bisa saja, apabila di daerah tersebut mengalami masa pancaroban,dan yidak turun hujan selama 3 hari berturut-turut, sehingga dia ahri ke-4 nya isa saja terjadi huja es di daerah tersebut.Atau bisa juga terjadi hujan es di daerah tersebut, apabila daerah itu mengalami perbedaan suhu yg sangat besar di jam" tertentu, dan perbedaan nya sekita 5 derajat celcius. (bersumber dari: Kompas.com)


    RALAT YA PAK...


    ~DARA~

    BalasHapus
  12. PAK SAYA SETIAP NOMER SUMBERNYA BEDA-BEDA GAPAPA YA PAK...


    ~DARA~

    BalasHapus
  13. 1. Hujan es ini dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. Slah satu pembentukan dari bola- bola es ini adalah melalui kondensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku. Biasanya, hanya es yang berukuran besar saja yang terjadi dengan proses seperti ini.


    2.Terletak di garis 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan serta dilalui oleh garis khatulistiwa, membuat Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca yang hampir selalu panas. Di Jakarta sendiri, suhu rata-rata mencapai 30 derajat celcius.
    Meski demikian, dalam ilmu meteorologi, fenomena hujan es ternyata tak hanya terjadi di negara beriklim tropis. Hujan es bisa terjadi dimana saja, bahkan di negara beriklim sedang sekalipun. Pakar meteorologi Alutsyah Luthfian menyebut, penyebab terjadinya hujan es dimananpun akan serupa dengan yang terjadi di Jakarta pada Selasa kemarin.
    “Dimanapun, hujan es terjadi jika memenuhi tiga faktor. Tersedianya energi potensial di udara, tersedianya kelembaban yang memadai, dan adanya lapisan udara kering yang menumpang di atas lapisan udara lembab dan panas,” ungkap Alutsyah, sumber: https://kumparan.com


    3. Jika 1-3 hari berturut-turut tidak ada hujan pada musim transisi/pancaroba/penghujan, ada indikasi potensi hujan lebat yang pertama kali turun diikuti angin kencang baik yang masuk dalam kategori puting beliung maupun yang tidak. "Kami mendapat laporan hujan es di Jakarta Timur. Sekarang potensi hujan es berada di Bintaro, Pesanggrahan, dan di sekitar wilayah Serpong," ujar prakirawan BMKG, Tomi, saat dihubungi pukul 16.15 WIB, Selasa (28/3/2017).https://news.detik.com



    CLIANTAAAAAA

    BalasHapus
  14. 1. Hujan es bisa disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku.

    2.Hujan es nisa terjadi di Indonesia karena,hujan es ini juga dapat terjadi di daerah sekitar garis ekuator atau daerah pembagian musim tropis, termasuk di Indonesia. Hujan es ini biasanya terjadinya tidak terlalu kelihatan, dan terjadinya hujan es ini disertai dengan hujan air.

    3.mungkin saja,jika daerah pondok aren merupakan daerah pancaroba dan tidak turun hujan selama 3 hari berturut-turut dan setelah 3 hari itu turun hujan es.


    ***********Galih**********

    BalasHapus
  15. Menurut saya hujan rs terjadi akibat kondensasi yang terlalu dingin hinga -44 derajat dan ketika itu air yang turun berubah menjadi butiran salju ...irsyad....

    BalasHapus
  16. 1.Hujan es adalah presipitasi(Kondensasi uap air di atmosfer) yang
    terdiri dari bola-bola Es.Salah satu proses pembentukkannya adalah
    lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku.Es yang
    terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.Karena
    ukurannya, walaupun telah turun ke bumi dengan suhu yang relatif
    hangat, tidak semua mencair sehingga terjadi hujan Es.


    2.Karena Hujan Es bissa terjadi dengan adanya perubahan suhu yang
    ekstrem(cepat secara tiba-tiba).Biasanya Hujan es terjadi di daerah
    yang beriklim tropis seperti Indonesia dan Amerika Latin seperti
    Ekuador atau daerah yang beriklim sedang.Dimanapun, hujan es terjadi
    jika memenuhi tiga faktor.Tersedianya Energi Potensial di
    udara,tersedianya kelembapan yang memadai, dan adanya lapisan udara
    dan panas.


    3.Menurut informasi tgl 28 Maret 2017,hujan es hanya terjadi di beberapa
    titik saja tidak di seluruh Jakarta dan Tangsel.Sedangkan yang benar-
    benar terjadi hujan es yaitu di daerah Jakarta Selatan wilayah
    Fatmawati dan Jakarta Timur wilayah Cawang.

    Alasan : Biasanya hujan es terjadi pada musim Pancaroba,dimana melalui
    kodensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada
    sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku,saat hujan es
    biasanya di sertai hujan lebat,angin kencang, dan kilat/petir
    Bahkan di sertai juga dengan puting beliung.


    ---Sekar.M.N---

    BalasHapus
  17. 1.Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku (https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_es)
    2.Hujan es disertai puting beliung berasal dari jenis awan bersel tunggal berlapis-lapis (CB) di dekat permukaan bumi, dapat juga berasal dari awan multisel, dan pertumbuhannya secara vertikal, dengan luasan area horizontalnya sekitar 3 – 5 km dan kejadiannya singkat berkisar antara 3 - 5 menit atau bisa juga 10 menit tetapi jarang, oleh karena itu peristiwa ini hanya bersifat lokal dan tidak merata (https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_es)
    3. bisa , karena di daerah kita sering sekali terjadi pergantian musim (dijelaskan oleh BMKG)
    - aliyya 7 equuleus

    BalasHapus