Pengantar Sel

Selasa, 09 Februari 20100 komentar

Pernahkah kamu melihat rumah yang sedang dibangun? Rumah dibangun dari susunan batu bata yang direkatkan bersama-sama denganbahan-bahan lainnya. Hal serupa juga terjadi pada makhluk hidup. Sel sangat mendasar bagi ilmu bilogi sebagaimana atom bagi ilmu kimia. Makhluk hidup dibentuk oleh sel, ada yang dibangun oleh satu sel atau uniseluler, misalnya bakteri, atau dapat berupa kumpulan sel atau multiseluler, misalnya manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun demikian, ketika sel ini disusun menjadi tingkat organisasi yang lebih tinggi, seperti jaringan dan organ, sel dapat dipisahkan sebagai unit dasar dari struktur dan fungsi organisme.
Didalam sel berlangsung semua kegiatan kehidupan seperti respirasi, ekresi, transportasi dan sintesis. Pendek kata, sel merupakan unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup dan merupakan tempat terselenggaranya fungsi kehidupan.
Untuk apa kita mempelajari sel? Salah satu kemajuan ilmu dan teknologi adalah adanya berbagai penemuan yang diperoleh melalui penelitian pada tingkat sel. Dalam bidang kedokteran, para dokter dan ahli biologi mempelajari ciri-ciri sel kanker. Selanjutnya, mereka meneliti berbagai cara untuk menyembuhkan kanker. Dalam bidang peternakan, dikembangkan kawin suntik. Pembuahan sel telur oleh sperma tanpa melibatkan pejantan. Sperma dari hewan jantan langsung dimasukkan ke tubuh hewan betina. Sperma yang dipilih pun tentu yang berkualitas unggul. Masih banyak lagi penemuan-penemuan baru yang berkaitan dengan sel.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015.adi Biology For Us - All Rights Reserved